JEPANG TARGETKAN 300.000 MAHASISWA ASING HINGGA 2020

Jakarta 30/1 (ANTARA) – Pemerintah Jepang akan meningkatkan Jumlah siswa asing hingga 300.000  orang dengan membuat program Global 30 yang menggunakan Bahasa Inggris dalam proses belajar-mengajar.

“Global 30 adalah suatu rencana pemerintah 300.000 mahasiswa asing maksimal hingga tahun 2020,” Ujar petugas Japan Educational Information Center Representative Office Jakarta, Verawati, yang ditemui ANTARA pada Rabu siang.

Rencana pemerintah Jepang ini bekerja sama dengan tiga belas universitas terpilih di Jepang baik negeri maupun swasta yang dianggap mampu melaksanakan progam ini.

Universitas tersebut adalah Universitas Tohoku, Universitas Tsubkuba, Universitas Tokyo, Universitas Nagoya, Universitas Kyoto, Universitas Osaka, Universitas Kyushu, Universitas Keiko, Universitas Sophia, Universitas Meiji, Universitas Waseda, Universitas Doshisha, dan Universitas Ritsumeikan.

“Oleh karena itu pemerintah Jepang sangat men-support  program ini. Tapi dari segi apa kami tidak bisa menjelaskan karena ini rahasia pemerintah Jepang dengan setiap Universitas,” jelas Virawati.

Kata Global 30 sendiri berasal dari 300.000 yang dibaca san jyu mang, kata mang yang berubah menjadi kata global, dan kata san jyu menjadi angka 30, sehingga program ini menrupakan impian pemerintah Jepang untuk menarik sebanya300.000  mahasiswa asing dari seluruh dunia.

Untuk mengetahui tentang program ini, warga Indonesia  bisa langsung menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau ke Japan Student Services Organization (JASSO) yang memiliki perwakilan di Jakarta. (Ant-Rf09)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s