Teori Determinisme Teknologi

Ide dasar teori ini adalah perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri. McLuchan (dalm griffin 2004;343) menyebutnkan “channels of communication are primary cause of cultural change”. Dari pernyataan tersebut bisa dikatakan bahwa penyebab dari perubahan budaya adalah perubahan cara atau saluran komunikasi manusia. Teori ini membagi masa perubahan komunikasi manusia menjadi empat massa. Masa tribal, masa melek huruf, masa cetak, dan masa elektronik.

Masa tribal adalah masa purba, manusia sangat mengandalkan indera pendengaran dalam berkomunikasi. Komunikasi pada masa itu hanya mendasarkan diri pada narasi, cerita, dongeng tuturan, dan sejenisnya. Bahkan McLuchan mengibaratkan pendengaran sebagai raja – ear as king; hearing was believing – pada masa itu.

Masa melek huruf adalah masa ketika manusia sudah mulai mengenal huruf. Pada masa ini saluran komunikasi telah bergeser dari telinga menjadi mata. Terjadi pergeseran dimana manusia masa itu sudah beralih minat dari mendengarkan menjadi minat membaca, menghitung, dan hal lainnya yang masuk dalam ranah dunia tulisan. Ini menjadi permulaan munculnya komunikasi tanpa tatap muka.

Massa cetak adalah masa yang ditandai dengan kehadiran mesin cetak. Karena sangat besarnya mesin cetak ini McLuchan menyebut masa ini sebagai “The Gutenberg Gallaxy”. Hal ini dikarenakan mesin cetak mampu membentuk homogenisasi pemikiran masyarakat sesuai apa dengan informasi yang dikeluarkan oleh mesin cetak. Masyarakat saat itu mengaggap mesin cetak adalah sebuah teknologi yang luar biasa. McLuhan (dalam West & Turner 2010) mengatakan kekaguman terhadap karakter – karakter yang mirip dari beberapa buku menjadi aspek kuat dari mesin cetak.

Masa elektronik adalah masa yang ditandai dengan kehadiran telegraf pada tahun1990-an yang ditemukan oleh Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain. Lalu diikuti oleh berbagai teknologi komunikasi lainnya seperti telepon, radio, TV, handphone, hingga internet.

Masa elektronik juga membawa manusia kembali ke masa tradisi lisan. McLuchan (dalam griffin 2004;347) mengatakan “the electronic media are retribalizing the human race. Instant communication has returned us to prealphabetic oral tradition where sound and touch more important than sight”.

Kini masyarakat hidup pada era “global village”. Dimana media elektronik telah membawa manusia untuk saling bersentuhan dimanapun, kapanpun, dan secara instan. Akibatnya sudah hampir ridak ada lagi privasit, dan tidak ada lagi batas antar negara karena setiap manusia sudah tergabung pada satu masyarakat global.

Teori ini juga mengatakan bahwa saluran sebuah pesan adalah bagian dari pesan tersebut. McLuchan mengatakan “the medium is the massage”. Ini menunjukan betapa kuatnya pengaruh saluran dalam penerimaan sebuah isi pesan. Hal ini terkait seberapa terkininya saluran dan seberapa dapat dipercayanya saluran pesan.


2 thoughts on “Teori Determinisme Teknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s