Melihat Kecurangan? Ayo, Lapor ke Menterian Keuangan.

Bosan dengan citra buruk yang beberapa waktu ini menerpa kementerian keuangan, kini Menteri Keuangan Agus Martowardojo meluncurkan sebuah sistem untuk memantau prilaku para pegawai kementerian tersebut. Sistem ini diberi nama Whistleblowing System atau yang disingkat Wise.

Sistem yang diluncurkan di Jakarta pada rabu (5/10/11) ini, adalah sebuah aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Keuangan bagi masyarakat  yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Aplikasi ini bisa diakses selama 24 jam melalui situs www.wise.depkeu.go.id

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan agar adanya kerja sama antara kementerian keuangan dengan masyarakat untuk mengurangi jajaran kementrian keuangan yang melakukan pelanggaran, baik dari pelanggaran kecil hingga tindak pidana korupsi. Seperti yang dikatakan Menteri Keuangan yang dikutip melalui www.republika.co.id mengatakan bahwa Dengan adanya mekanisme yang baik, penanganan whistleblowing ini diharapkan akan meningkatkan integritas para pegawai Kemenkeu.

Bagi setiap masyarakat tidak perlu khawatir melaporkan setiap pelanggaran yang diketahui. Hal ini dikarenakan aplikasi ini menjamin kerahasiaan identitas para pelapor dan dilengkapi cara-cara untuk merahasiakan identitas jika pelapor benar-benar tidak ingin identitasnya  diketahui. Tentu setiap pelapor haruslah melaporkan sebuah fakta yang memiliki bukti-bukti yang jelas dan beberapa unsur yang telah dibuat oleh kementerian keuangan.

Unsur pelaoran harus mengandung what (perbuatan yang memiliki indikasi pelanggaran), where (dimana perbuatan tersebut dilakukan), when (kapan perbuatan tersebut dilakukan), who (siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut), how (bagaimana perbuatan tersebut dilakukan).

Jika masyarakat melihat tindakan pelanggaran yang memenuhu semua unsur tersebut dan memiliki bukti, maka segerlah laporkan kepada Mentri keuangan melalui aplikasi yang telah disediakan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s