Definisi Teori

 Salam Cerdas!
           Kali ini saya akan membahas sesuatu yang mungkin cukup menarik bagi sebagian orang, tapi tidak kalah membosankan bagi yang sebagian lain.
          Wajar aja sih, kan kali ini kita mau bahas tentang apa sih teori itu. Selama ini kita pasti dong sering dengar dan berbicara atau setidaknya mengucapkan kata ‘teori’. Tapi sedikit yang ngerti apa itu teori. Nah, demi mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara (lebay) saya coba jelasin sedikit tentang teori.
           So, silakan membaca….!
                                                   ***
          Kata teori memiliki arti yang berbeda-beda pada bidang-bidangpengetahuan yang berbeda pula tergantung pada metode dan kontekspengetahuan tersebut. Secara umum, teori merupakan analisis hubungan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain pada              sekumpulan fakta-fakta. Selain itu, berbeda dengan teorema, pernyataan teori umumnya hanya diterima secara sementara dan bukan merupakan pernyataan akhir yang konklusif. Hal ini mengindikasikan bahwa teori berasal dari penarikan kesimpulan yang memiliki potensi kesalahan, berbeda dengan penarikan kesimpulan pada pembuktian matematika.
        Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia teori adalah pendapat yang didasarkan pada penelitian, penyelidikan eksperimental dan penemuan yang mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, argumentasi, didukung oleh data.
        Menurut Kerlinger “ A theory is a set of interrelated constructs (concepts), definitions, and propositions that present a systematic view of phenomena by specifying relations among variables, with the purpose of explaning and predicting the phenomena.”
        Di dalam definisi ini terkandung tiga konsep penting. Pertama, suatu teori adalah satu set proposisi yang terdiri atas konsep-konsep yang berhubungan. Kedua, teori memperlihatkan hubungan antarvariabel atau antar konsep yang menyajikan suatu pandangan yang sistematik tentang fenomena. Ketiga, teori haruslah menjelaskan variabelnya dan bagaimana variabel itu berhubungan.
       Menurut Hall dan Lindsay “…..a theory is sat of conventions that  should contain a cluster of relevant assumption systematically related to each other and a set of empirical definition. (dalam Nana Syaodih S, 2006)
Pendapat yang hampir sama juga di ungkapkan oleh Snow “in its simplest form, a theory is a symbolic instructions  designed to bring generalizable fact (or laws)into systematic connection. It consist of : a) a set of units (fact, concept, variables), and b) a system of relationships among the units. (dalam Nana Syaodih S, 2006)
       Pengertian teori menurut Marx dan Goodson ialah aturan menjelaskan proposisi atau seperangkat proposisi  yang berkaitan dengan beberapa fenomena alamiah dan terdiri atas representasi simbolik dari (1) hubungan-hubungan yang dapat diamati diantara kejadian-kejadian (yang diukur), (2) mekanisme atau struktur yang diduga mendasari hubungan-hubungan demikian, dan (3) hubungan-hubungan yang disimpulkan serta mekanisme dasar yang dimaksudkan untuk data dan yang diamati tanpa adanya manifestasi hubungan empiris apa pun secara langsung.
       Ismaun mengemukakan bahwa teori adalah pernyataan yang berisi kesimpulan tentang adanya keteraturan subtantif. Menemukan keteraturan itulah tugas ilmuwan, dan dengan kemampuan kreatif rekayasanya, ilmuwan dapat membangun keteraturan rekayasa. Keteraturan rekayasa ini dapat dibedakan dalam tiga keteraturan, yaitu : (1) keteraturan alam, (2) keteraturan kehidupan sosial manusia dan (3) keteraturan rekayasa teknologi.
       Labovitz dan Hagedorn mendefinisikan teori sebagai ide pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka definisikan sebagai “menentukan” bagaimana dan mengapa variable-variabel dan pernyataan hubungan dapat saling berhubungan.
       Teori sosial menurut Neuman adalah sebagai sebuah system dari keterkaitan abstraksi atau ide-ide yang meringkas dan mengorganisasikan pengetahuan tentang dunia social. Oleh karena itu Neuman menjelaskan bahwa Teori terdiri atas beberapa elemen.Pertama,  konsep (symbol dan definisi). Kedua, scope (lingkup).Ketigarelationship (hubungan).
        gimana? cukup jelas? kalo belum silakan konsultasikan ke orang cerdas terdekat.
                Dan jika penasaran berlanjut segera hibungi dosen!

One thought on “Definisi Teori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s